SEWA MOBIL SURABAYA SUMENEP

SEWA MOBIL SURABAYA SUMENEP

Sumenep adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Timur, yang terletak di ujung timur Pulau Madura. Kabupaten ini tercatat sebagai kabupaten penghasil minyak dan gas bumi di Madura. Saat ini tercatat, setidaknya ada 8 perusahaan minyak yang melakukan eksploitasi dan 2 perusahaan yang masih melakukan eksplorasi.

Kabupaten Sumenep yang berada di ujung timur Pulau Madura merupakan wilayah yang unik karena terdiri wilayah daratan dengan pulau yang tersebar berjumlah 126 pulau.

Untuk kepentingan pemasaran pariwisata, Sumenep mempunyai branding wisata “Sumenep The Heart Purity”, julukan tersebut didasarkan pada tingkah pola masyarakatnya yang selalu menjunjung tinggi tata krama serta keramahan kepada setiap tamunya maupun kondisi geografis alamnya yang selalu memberikan keramahan dan kenyamanan bagi setiap wisatawan. Kota Sumenep juga dikenal dengan sebutan Bumi Sumekar, selain itu beberapa pulau di Sumenep juga ada julukannya tersendiri, semisal Kepulauan Kapajang untuk gabungan dari nama Pulau Kangean, Pulau Paleat, dan Pulau Sepanjang, karena di pulau-pulau inilah taman-taman laut berupa terumbu karang dan kehidupan laut lainnya berkembang layaknya taman nasional Bunaken.

Selain itu Pulau Kangean juga lebih dikenal dengan sebutan Pulau Cukir, karena di wilayah inilah fauna khas Sumenep berupa ayam bekisar banyak dikembangkan. Sekarang hewan unggas ini menjadi maskot Sumenep dan juga Jawa Timur.

Wisata Sumenep menjadi jantung bagi Madura untuk mendatangkan wisatawan. Panorama yang disuguhkan memang harus diakui lebih indah dibandingkan kota lainnya. Inilah alasan tepat mengapa wilayah ini lebih disukai dibandingkan lainnya.

Kota yang mendapat julukan sebagai Kota Sumekar tersebut mempunyai zona yang lengkap. Ada alam, sejarah, religi, sampai bangunan arsitektur yang sulit untuk dilupakan. Apa lagi, cita rasa kuliner juga mendukung banyak pengunjung untuk mencicipinya. Sarana dan Prasarananya sudah cukup bagus dan memadai. Hampir semuanya tampak bersih serta asri.

  • Pulau Kangean

Wisata di Sumenep pertama kali yang harus Anda kunjungi adalah Pulau Kangean. Pulau terbesar di Madura ini mempunyai luas kurang lebih 188 km persegi. Anda akan disuguhkan panorama wisata mulai dari Goa, pantai, pemandian, sampai dengan menu kuliner berupa ikan yang pastinya lezat dan halal.Jaraknya dari Sumenep kurang lebih 100 km. Salah satu cara terbaik menuju ke sana adalah menggunakan kapal. Butuh waktu sampai 10 jam jika, cuaca sedang bagus. Jika. tidak bisa sampai 15 jam lebih. Keunikan dari Pulau Kangean sendiri adalah penduduknya yang menggunakan berbagai bahasa seperti, Mandar, Sulawesi hingga makassar. Ada juga yang menggunakan bahasa kangean atau hampir seperti dialek Madura.

  • Gili Iyang

Wisata Sumenep berikutnya yang tidak kalah menarik adalah Gili Iyang. Letaknya di Desa Dungkek, Kabupaten Sumenep. Menuju ke Gili Iyang membutuhkan waktu 45 menit naik kapal dari Pelabuhan Dungkek. Menurut penelitian Gili Iyang ini mempunyai kandungan oksigen paling bagus sekaligus bersih di Indonesia. Menurut penelitian kadar oksigennya mencapai 5% lebih banyak dari batas normal dunia yaitu, 20,95%. Tidak heran bila kawasan ini mendapatkan julukan sebagai Pulau Oksigen. Bukan hanya memiliki kualitas udara yang bagus saja, Gili Iyang juga punya banyak kawasan yang menampilkan berbagai macam spot menarik. Mulai dari pantai dengan pasir putihnya, Goa yang menghadirkan stalagmit dan stalaktit. Sampai perbukitan dengan sajian matahari terbit dan terbenam.

  • Pantai Sembilan

Lokasi Wisata selanjutnya yang harus dikunjungi oleh wisatawan adalah Pantai Sembilan yang terletak di Desa Bringsang, Kecamatan Giligenting. Kawasan yang memiliki pasir putih ini sebelumnya dijuluki dengan sebutan Pantai Bangsring. Tetapi, saat wisatawan mengenal Drone dan difoto dari atas. Ternyata bentuknya hampir mirip angka sembilan. Dari situ penamaan pantai Sembilan berasal, terus berkembang sampai sekarang. Sebelum menjadi objek wisata unggulan tempat ini merupakan dermaga kecil. Penghubung pulau di sebelahnya. Seiring berjalannya waktu dermaga tersebut sudah tidak terdengar lagi dan kapal yang bersandar hanya melayani keinginan wisatawan untuk pergi berputar-putar.

  • Gili Pandan

Ada satu kawasan wisata yang menarik perhatian wisatawan yaitu Gili Pandan. Sebuah pulau kecil tidak berpenghuni dengan pemandangan bibir pantainya yang sangat indah. Ombaknya sangat tenang sehingga banyak pengunjung sering memanfaatkan tempat ini untuk santai sambil menikmati pemandangan sekitar. Pemandangan akan sangat menarik ketika air mulai surut. Anda bisa menyaksikan batuan bekas dari daratan yang terlihat sangat luas.

Setiap daerah pasti punya kuliner yang khas dan unik. Entah itu makanan ringan atau makanan utama. Seperti Jogja punya gudeg dan bakpia, Makassar punya coto makassar, Lombok punya ayam taliwang. Nah begitu pun dengan Kabupaten Sumenep. Ada berbagai kuliner khas yang unik dan bisa jadi tidak ada di daerah lain.

Berikut ini adalah beberapa kuliner khas Sumenep yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Sumenep.

  • Soto Sabreng

Soto Sabreng alias soto singkong tapi bisa juga disebut soto babat. Agak berbeda dengan soto umumnya yang berkuah kuning. Soto asli Sumenep ini tidak memakai kunyit, jadi warnanya mirip seperti sop atau kaldu. Sotonya memakai jeroan sapi, babat dan iso (usus). Pelengkapnya lontong dan singkong rebus, kecambah goreng, mie su’un dan irisan daun bawang merah. Keunikan lainnya dalam kuliner ini adalah bumbu kacangnya. bumbu kacang berupa kacang tanah yang dihaluskan dicampur petis ikan, garam, dan cabe rawit. Bumbu kacang yang kental ini disiram di atas lontong, singkong, dan babat, lalu dilanjutkan dengan siraman kuah soto yang segar.

  • Kaldu Kokot

Kaldu Kokot termasuk makanan khas Jawa Timur yang populer di Sumenep. Makanan khas Sumenep ini terbuat dari tulang sapi yang masih ada sumsumnya dan pada tulangnya masih menempel dagingnya. Kaldu kokot juga berisi kacang hijau atau kedelai yang bisa menambah cita rasanya. Efeknya akan terasa lezat dan gurih. Kaldu kokot biasanya disantap bersama lontong atau kroket singkong.

  • Kalsot (Kaldu Soto)

Selain kaldu kokot, Sumenep juga punya olahan kaldu lainnya yaitu kaldu soto atau kalsot. Kalsot terbuat dari kaldu sapi yang dimasak bersama bumbu soto yang khas. Kalsot biasanya berisi kikil, daging sapi, tulang sapi dan kacang hijau.

  • Soto Selingkuh

Soto Selingkuh atau juga dikenal dengan rujak selingkuh merupakan perpaduan dari soto dan rujak. Sekilas, soto ini mirip dengan rujak soto yang ada di Banyuwangi. Soto selingkuh merupakan soto babat yang disajikan bersama sayuran ala rujak, lengkap dengan bumbu kacangnya. Penyajian soto selingkuh dimulai dengan lontong, singkong, sayuran, dan lontong, kemudian diberi bumbu kacang yang terbuat dari kacang tanah, pisang muda, petis dan gula merah. Soto kemudian disiram dengan kuah soto babat yang panas dan mengepul.

  • Masak Pae

Masak Pae merupakan olahan sup merah dengan ‘pie’ di dalamnya. Pae atau pie terbuat dari campuran kentang dan telur yang diolah seperti kue pie. Pie ini kemudian dipotong dan disajikan bersama kuah merah yang gurih. Kuah masak pae juga biasanya berisi campuran kacang polong dan daging.

  • Pentol Gape

Pentol Gape merupakan makanan khas Sumenep yang cukup hits. Makanan ini terbuat dari tepung dan ikan tongkol dengan bumbu rempah. Bentuk pentol gape tidak bulat seperti pentol pada umumnya. Pentol gape berbentuk pipih melingkar menyerupai piring. Pentol gape biasa disajikan dalam dua cara, basah atau kering. Pentol gape basah biasanya dipanggang, sedangkan pentol gape kering digoreng hingga kering. Pentol ini disajikan bersama saus khusus yang terbuat dari kanji dan rempah dan tak lupa tambahan petisnya.

  • Cake

Cake mirip dengan masak pae. Cake merupakan sup yang berisi potongan tepung yang terbuat dari campuran udang. Kuah cake berisi daging ayam atau lidah sapi dengan sayuran seperti wortel, kacang polong, dan kembang kol. Cake disajikan bersama keripik kentang di atasnya. Baik cake dan masak pae, keduanya merupakan makanan khas Sumenep yang biasanya ada di pesta pernikahan.

Bagi Anda yang ingin menikmati wisata ke Sumenep tanpa harus menyetir mobil sendiri, Anda bisa menyewa mobil di rental yang tersedia di Kota Surabaya. Untuk rombongan wisatawan yang lebih banyak, Anda bisa menyewa armada bus pariwisata. Karena selain mampu menampung penumpang lebih banyak, Anda juga akan disuguhkan fasilitas – fasilitas yang bisa memberikan kenyamanan bagi Anda dan rombongan selama perjalanan seperti TV, Audio dan Karaoke.

Banyaknya rental mobil ataupun bus pariwisata bahkan Agen Perjalanan Travel di Surabaya juga banyak yang menyediakan paket wisata membantu memudahkan wisatawan yang ingin berwisata ke Sumenep. Anda tinggal duduk manis menikmati perjalanan wisata tersebut. Salah satunya adalah Sewa Mobil Surabaya Sumenep Okkarent.

Banyak juga manfaat yang akan Anda dapatkan dengan menyewa mobil di Sewa Mobil Surabaya Sumenep Okkarent. Dengan menggunakan jasa Sewa Mobil Surabaya Sumenep Okkarent perjalanan Anda akan lebih aman, nyaman, dan irit. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan kendaraan dan juga bisa menyewa paket sekaligus driver. Anda bisa bercengkrama atau melakukan komunikasi dan bercanda ria dengan sanak saudara atau teman yang akan Anda ajak berwisata.

Anda juga tidak perlu repot – repot memberi petunjuk arah kepada sopir, karena sopir Sewa Mobil Surabaya Sumenep Okkarent telah terlatih dan siap bekerja mengantar Anda ke tujuan – tujuan yang Anda inginkan.

Kami dari Sewa Mobil Surabaya Sumenep Okkarent siap melayani perjalanan Anda menuju tempat – tempat wisata dengan tujuan – tujuan yang Anda inginkan. Sewa Mobil Surabaya Sumenep Okkarent memberikan beberapa pilihan kendaraan seperti Avanza, Xenia, Ertiga, Innova Reborn, Pajero dll. Selain itu kami juga menyediakan jenis kendaraan dengan kapasitas besar seperti Hiace, Elf Long, Mini Bus dan juga Big Bus.

Untuk reservasi dan pemesanan Silakan hubungi customer service Sewa Mobil Surabaya Sumenep Okkarent di (+62) 031-878-512-51/878-510-66 atau ataupun menghubungi kami via Whatsapp ke nomor seluler Okkarent di (+62) 821-4045-8822, (+62) 812-5266-6966 dan (+62) 817-0330-7447 untuk informasi harga Sewa Mobil Surabaya Sumenep yang Anda butuhkan.

Untuk membaca artikel lain dari Sewa Mobil Surabaya Okkarent, Anda bisa meng klik link dibawah ini.

Sewa Mobil Surabaya Lumajang Okkarent

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *