SEWA MOBIL SURABAYA TUBAN

SEWA MOBIL SURABAYA TUBAN

Kabupaten Tuban terletak di Pantai Utara Jawa Timur. Kabupaten Tuban mempunyai letak yang strategis, yakni di perbatasan Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah dengan dilintasi oleh Jalan Nasional Daendels di Pantai Utara. Kabupaten Tuban berbatasan langsung dengan Rembang di sebelah barat, Lamongan di sebelah timur, dan Bojonegoro di sebelah selatan.

Kabupaten Tuban berada pada ujung Utara dan bagian Barat Jawa Timur yang berada langsung di Perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah atau antara Kabupaten Tuban dan Kabupaten Rembang.

Tuban mengangkat tema Bumi Wali sebagai slogan utamanya. Slogan ini pantas disematkan untuk Tuban karena Tuban merupakan salah satu tempat berkumpul para Walisongo. Hal ini terlihat dari banyaknya makam wali yang berada di Tuban, seperti Sunan Bonang, Syaikh Maulana Ibrahim Asmaraqandi, Sunan Bejagung, Syaikh Achmad Kholil, dan lain sebagainya. Sunan Kalijaga merupakan salah satu anggota Walisongo yang berasal dari Tuban, yakni putra Adipati Tuban ke-8 Raden Haryo Tumenggung Wilatikta. Oleh karena itu, kamu juga dapat berwisata religi dengan mengunjungi makam wali yang ada di Tuban.

Sering disebut sebagai Kota Wali karena Tuban adalah salah satu kota di Jawa yang menjadi pusat penyebaran ajaran Agama Islam. Selain itu, oleh beberapa kalangan Tuban juga dijuluki sebagai kota tuak karena daerah Tuban sangat terkenal akan penghasil minuman (tuak & legen) yang berasal dari sari bunga siwalan (ental).

Tuban sendiri juga merupakan wilayah yang memiliki ciri khas obyek wisata. Beberapa obyek wisata di Tuban yang populer di kalangan wisatawan adalah Makam Wali, contohnya Sunan Bonang, Makam Syeh Maulana Ibrahim Asmaraqandi (Palang), Sunan Bejagung dan lainnya.

Selain sebagai Kota Wali, Tuban juga dikenal sebagai Kota Seribu Gua. Ini karena kota Tuban terletak pada deretan Pegunungan Kapur Utara, di mana dalam beberapa guanya bahkan terdapat stalaktit dan stalakmit. Gua yang terkenal adalah Gua Akbar dan Gua Putri Asih.

Berikut ini adalah beberapa obyek wisata Tuban yang menarik untuk Anda kunjungi dan tak boleh dilewatkan.

  • Museum Kambang Putih

Obyek wisata Tuban yang pertama adalah Museum Kambang Putih. Kota Tuban memiliki sejarah yang cukup menarik dan layak untuk dipelajari. Untuk dapat menikmati jejak sejarah tersebut, Anda dapat melihatnya langsung di Museum Kambang Putih yang memiliki berbagai koleksi sejarah tentang Tuban dan daerah sekitarnya. Museum Kambang Putih terletak di Jalan R.A. Kartini Nomor 3, Kelurahan Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Museum Kambang Putih menempati lokasi yang sangat strategis, karena berdekatan dengan Kantor Bupati Tuban, Alun-alun, dan Pantai Boom. Di sebelah Museum Kambang Putih, terdapat juga makam Sunan Bonang, sosok penyebar agama Islam di Tanah Jawa. Sambil mengunjungi museum, Anda juga bisa sekalian berziarah ke makamnya.

  • Pantai Boom

Pantai Boom dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari Alun-Alun Tuban dan hanya memakan waktu sekitar lima menit. Dahulunya, pantai Boom adalah pantai yang kurang terawat karena masih adanya tarik-menarik kepemilikan antara Syahbandar Gresik dengan Pemerintah Kabupaten Tuban. Padahal, kawasan ini pernah menjadi pelabuhan utama bagi perdagangan dan industri. Pantai Boom merupakan pelabuhan penting di masa kejayaan Kerajaan Majapahit. Pelabuhan ini menjadi jalur utama dalam perlintasan, perdagangan, dan pelayaran kerajaan Singasari dan Majapahit. Pantai ini memiliki luas kawasan kurang lebih 2,2 hektare, membuatnya menjadi salah satu obyek wisata yang sangat strategis serta mudah dijangkau oleh kendaraan dari arah manapun. Pantai ini kini telah berubah menjadi tempat wisata yang indah dan layak dikunjungi.

  • Gua Akbar

Gua Akbar Tuban terletak di Desa Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Gua ini tepatnya terletak di belakang Pasar Baru Tuban. Gua Akbar memiliki luas 1 hektare dan mengandung kisah religi yang sangat tinggi. Dikisahkan bahwa dahulu, Sunan Bonang mengetahui gua ini atas ajakan Sunan Kalijaga yang saat itu masih dikenal sebagai Brandal Lokajaya. Gua Akbar dijadikan sebagai tempat tinggal Brandal Lokajaya setelah diusir oleh ayahnya, Wilotikto, Bupati Tuban ke-9. Ketika memasuki gua, Sunan Bonang terpesona dan seketika berucap “Allahu Akbar”. Sejak itulah gua yang terletak di tengah Kota Tuban ini mendapat julukannya sebagai Gua Akbar. Di dalam gua telah dibangun jalur dari paving block yang dibatasi oleh pagar steinless steel. Ditambah dengan berbagai lampu hias yang menyinari stalaktit dan stalakmitnya.

  • Makam Sunan Bonang

Kota Tuban mendapatkan julukan Kota Wali karena banyaknya wali yang dimakamkan di daerah Kabupaten Tuban. Salah satunya adalah Sunan Bonang. Makam Sunan Bonang terletak di Kelurahan Kutorejo, Kabupaten Tuban. Tepatnya disebelah barat Masjid Agung Tuban. Sunan Bonang, salah satu tokoh penyebar agama Islam atau Wali Songo adalah pendakwah yang banyak menggunakan aktivitas seni dalam dakwah dan penyebaran agamanya. Beberapa karya seni yang diciptakannya antara lain berdakwah melalui pewayangan, menyempurnakan instrumen gamelan terutama bonang, kenong dan kempul, wujil, macapat dan juga nyanyian Tombo Ati yang masih banyak di nyanyikan ulang hingga dewasa ini. Sunan Bonang memiliki nama asli Raden Maulana Makdum Ibrahim. Beliau adalah anak dari Sunan Ampel dan wafat pada tahun 1525 M.

  • Air Terjun Nglirip

Air Terjun Nglirip berlokasi di sekitar 37 km dari Kota Tuban, tepatnya di Desa Mulyo Agung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban. Letak obyek wisata air terjun yang cukup jauh dari pusat Kota Tuban ini nyatanya tidak membuatnya sepi pengunjung. Justru sebaliknya, air terjun Nglirip malah sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Hal ini karena, air terjun Nglirip memang menawarkan keindahan alam yang sangat memesona. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan laju air yang sangat deras. Pada musim kemarau, airnya berwarna biru toska yang sangat indah. Tidak mengherankan bila wisata Tuban ini begitu terkenal dan populer sebagi kunjungan wisata.

Selain banyak memiliki tempat wisata, Kabupaten Tuban juga memiliki kuliner khas yang wajib untuk dicoba. Bahkan, beberapa wisata kuliner Tuban ini sudah cukup legendaris dan terkenal. Kota Tuban sendiri memang dikenal dengan memiliki cita rasa pedas di setiap masakannya. Salah satu wisata kuliner Tuban yang sangat terkenal adalah belut pedas.

Wisata kuliner Tuban yang legendaris juga memiliki rasa yang menggugah selera. Tentu saja hal ini menjadi alasan masyarakat dan para wisatawan untuk menjajal makanan khas Tuban. Tak sedikit wisatawan yang rela berburu kuliner saja di Kota Tuban.

  • Belut Pedas

Wisata kuliner Tuban yang pertama adalah belut pedas. Bagi pencinta belut tentu saja tak boleh melewatkan makanan legendaris satu ini. Belut pedas sendiri merupakan wisata kuliner Tuban yang sangat populer di masyarakat. Sebelumnya, belut yang telah dibersihkan akan digoreng hingga kering kemudian dibumbui pedas. Biasanya, olahan belut pedas satu ini sering disajikan dengan nasi jagung sebagai penambah cita rasa.

  • Kari Rajungan

Salah satu wisata kuliner Tuban yang tak boleh terlewat ialah kari rajungan. Rajungan sendiri merupakan jenis kepiting kecil dan mudah ditemui di pesisir pantai. Menu kari rajungan sendiri memiliki cita rasa yang guris sekaligus penas. Proses memasak dari makanan satu ini pun cenderung cukup tradisional dengan menggunakan kayu bakar. Kari rajungan pun sangat cocok untuk disajikan dengan sepiring nasi hangat.

  • Ampo

Salah satu wisata kuliner Tuban yang cukup unik ialah Ampo. Ampo sendiri merupakan sebuah jajanan yang cukup legendaris bagi masyarakat Tuban. Pasalnya, makanan satu ini cukup unik karena terbuat dari tanah liat. Biasanya Ampo disajikan untuk pendamping kopi maupun teh.

  • Dumbek

Masih dari jajanan tradisional yang cukup melegenda ialah Dumbek. Dumpek sendiri merupakan wisata kuliner tuban yang memiliki cita rasa manis dan gurih. Pasalnya, jajanan satu ini terbuat dari tepung beras, gula merah, daun pandan, santan, parutan kelapa serta garam. Biasanya jajanan satu ini cukup mudah ditemui di pasar tradisional dengan harga yang sangat terjangkau.

  • Garang Asem

Wisata kuliner Tuban selanjutnya adalah garang asem. Garang asem juga menjadi salah satu makanan khas Tuban yang tak boleh terlewat. Makanan dengan cita rasa sedikit asam dan pedas ini sangat menggugas selera, apalagi jika disajikan dengan sepiring nasi hangat. Kamu pun bisa dengan mudah menemui menu makanan satu ini di kota Tuban.

Demikian beberapa kuliner khas Tuban yang dapat Anda nikmati bersama keluarga untuk mengisi waktu liburan. Menikmati keindahan Tuban sembari mencicipi berbagai makanannya yang khas akan membuat perut Anda ikut bahagia.

Untuk menuju ke Tuban Anda bisa menggunakan bus antar kota atau menggunakan mobil pribadi. Bagi Anda yang ingin berwisata ke Tuban tanpa harus menyetir mobil sendiri, Anda bisa menyewa mobil di rental yang tersedia di Kota Surabaya. Untuk rombongan wisatawan yang lebih banyak, Anda bisa menyewa armada bus pariwisata. Karena selain mampu menampung penumpang lebih banyak, Anda juga akan disuguhkan fasilitas – fasilitas yang bisa memberikan kenyamanan bagi Anda dan rombongan selama perjalanan seperti TV, Audio dan Karaoke.

Banyaknya rental mobil ataupun bus pariwisata bahkan Agen Perjalanan Travel di Surabaya juga banyak yang menyediakan paket wisata membantu memudahkan wisatawan yang ingin berwisata ke Tuban. Anda tinggal duduk manis menikmati perjalanan wisata tersebut. Salah satunya adalah Sewa Mobil Surabaya Tuban Okkarent.

Banyak juga manfaat yang akan Anda dapatkan dengan menyewa mobil di Sewa Mobil Surabaya Tuban Okkarent. Dengan menggunakan jasa Sewa Mobil Surabaya Tuban Okkarent perjalanan Anda akan lebih aman, nyaman, dan irit. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan kendaraan dan juga bisa menyewa paket sekaligus driver. Anda bisa bercengkrama atau melakukan komunikasi dan bercanda ria dengan sanak saudara atau teman yang akan Anda ajak berwisata.

Anda juga tidak perlu repot-repot memberi petunjuk arah kepada sopir, karena sopir Sewa Mobil Surabaya Tuban Okkarent telah terlatih dan siap bekerja mengantar Anda ke tujuan – tujuan yang Anda inginkan.

Kami dari Sewa Mobil Surabaya Tuban Okkarent siap melayani perjalanan Anda menuju tempat – tempat wisata dengan tujuan – tujuan yang Anda inginkan. Sewa Mobil Surabaya Tuban Okkarent memberikan beberapa pilihan kendaraan seperti Avanza, Xenia, Ertiga, Innova Reborn, Pajero dll. Selain itu kami juga menyediakan jenis kendaraan dengan kapasitas besar seperti Hiace, Elf Long, Mini Bus dan juga Big Bus.

Untuk reservasi dan pemesanan Silakan hubungi customer service Sewa Mobil Surabaya Tuban Okkarent di (+62) 31-878-512-51/878-510-66 atau ataupun menghubungi kami via Whatsapp ke nomor seluler Okkarent di (+62) 821-4045-8822, (+62) 812-5266-6966 dan (+62) 817-0330-7447 untuk informasi harga Sewa Mobil Surabaya Tuban yang Anda butuhkan.

Untuk membaca artikel lain dari Sewa Mobil Surabaya Okkarent, Anda bisa meng klik link dibawah ini.

Sewa Mobil Surabaya Ngawi Okkarent

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *