SEWA MOBIL SURABAYA SURAKARTA

SEWA MOBIL SURABAYA SURAKARTA

Surakarta juga disebut atau dikenal dengan Solo adalah kota di Jawa Tengah, Indonesia. Kota ini dilewati sungai yang terabadikan dalam salah satu lagu keroncong, Bengawan Solo.

Surakarta dan kota – kota satelitnya (Kartasura, Solo Baru, Palur, Colomadu, Baki, Ngemplak) adalah kawasan yang saling berintegrasi satu sama lain. Kawasan Solo Raya ini unik karena dengan luas kota Surakarta sendiri yang hanya 44 km persegi dan dikelilingi kota-kota penyangganya yang masing-masing luasnya kurang lebih setengah dari luas kota Surakarta dan berbatasan langsung membentuk satu kesatuan kawasan kota besar yang terpusat.

Surakarta memiliki semboyan “Berseri”. “Berseri” sendiri adalah akronim dari “Bersih, Sehat, Rapi, dan Indah”, sebagai slogan pemeliharaan keindahan kota. Untuk kepentingan pemasaran pariwisata, Surakarta mengambil slogan pariwisata Solo, The Spirit of Java (Jiwanya Jawa) sebagai upaya pencitraan kota Surakarta sebagai pusat kebudayaan Jawa.

Industri batik menjadi salah satu industri khas Surakarta. Sentra kerajinan batik dan perdagangan batik antara lain di Laweyan dan Kauman. Pasar Klewer serta beberapa pasar batik tradisional lain menjadi salah satu pusat perdagangan batik di Indonesia.

Kota Surakarta terletak di pertemuan antara jalur selatan Jawa dan jalur Semarang-Madiun, yang menjadikan posisinya yang strategis sebagai kota transit. Jalur kereta api dari jalur utara dan jalur selatan Jawa juga terhubung di kota ini. Kota ini dilintasi oleh Jalan Nasional Rute 15 yang menghubungkan antara Surabaya dan Yogyakarta, jaringan Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan Surakarta dengan Jakarta; Semarang; dan Surabaya via jalan tol, serta jalan provinsi yang menghubungkan Surakarta dengan kota-kota lain di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Surakarta juga dikenal sebagai daerah tujuan wisata yang biasa didatangi oleh wisatawan dari kota-kota besar. Biasanya wisatawan yang berlibur ke Yogyakarta juga akan singgah di Surakarta, atau sebaliknya. Tujuan wisata utama kota Surakarta adalah Keraton Surakarta, Pura Mangkunegaran, dan kampung-kampung batik serta pasar-pasar tradisionalnya. Wisata sejarah bekas pabrik gula bernama De Tjolomadoe, Colomadu, Karanganyar

Setiap tahun pada tanggal-tanggal tertentu Keraton Surakarta dan Pura Mangkunegaran mengadakan berbagai macam perayaan yang menarik. Perayaan tersebut pelaksanaannya berdasarkan pada penanggalan Jawa.

  • Kirab Pusaka Malam 1 Sura

Acara ini diselenggarakan oleh Keraton Surakarta dan Pura Mangkunegaran pada malam hari menjelang tanggal 1 Sura. Acara ini ditujukan untuk merayakan Tahun Baru Jawa 1 Sura. Rute yang ditempuh oleh kirab yang diselenggarakan oleh Keraton Surakarta kurang lebih sejauh 3 km yaitu Keraton Surakarta – Alun-Alun Utara – Gladag – Jl. Mayor Kusmanto – Jl. Kapten Mulyadi – Jl. Veteran – Jl. Yos Sudarso – Jl. Slamet Riyadi – Gladag kemudian kembali ke Keraton Surakarta lagi. Pusaka-pusaka yang memiliki daya magis tersebut dibawa oleh para abdi dalem yang berbusana Jawi Jangkep. Peserta kirab yang berada di barisan paling depan adalah sekelompok kerbau albino (kebo bule) bernama keturunan kerbau pusaka Kyai Slamet, sedangkan barisan para pembawa pusaka berada di belakangnya.

  • Sekaten

Sekaten diadakan setiap bulan Maulid untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. Pada tanggal 12 Maulid diselenggarakan Grebeg Maulid. Kemudian diadakan pesta rakyat selama dua minggu. Pesta rakyat menyajikan pasar malam, arena permainan anak dan pertunjukan-pertunjukan seni dan akrobat. Pada hari terakhir sekaten, diadakan kembali acara grebeg di Alun-Alun Utara.

  • Grebeg Mulud (Maulid)

Diadakan setiap tanggal 12 Mulud (Maulid) untuk memperingati hari Mauld Nabi Muhammad SAW. Grebeg Mulud (Maulid) merupakan bagian dari perayaan Sekaten. Dalam upacara ini para abdi dalem dengan berbusana Jawi Jangkep Sowan Keraton mengarak gunungan (pareden) dari Keraton Surakarta ke Masjid Agung Surakarta. Gunungan terbuat dari berbagai macam sayuran dan penganan tradisional. Setelah didoakan oleh ngulamadalem (ulama keraton), satu buah gunungan kemudian akan diperebutkan oleh masyarakat pengunjung dan satu buah lagi dibawa kembali ke keraton untuk dibagikan kepada para abdi dalem.

  • Tinggalandalem Jumenengan

Diadakan setiap tanggal 2 Ruwah untuk memperingati hari ulang tahun penobatan Sri Susuhunan Surakarta. Dalam acara ini sang raja duduk di atas dampar (singgasana) di Pendapa Agung Sasana Sewaka dengan dihadap oleh para abdi dalem dan bangsawan sambil menyaksikan tari sakral, Tari Bedhaya Ketawang, yang ditarikan oleh sembilan remaja putri yang belum menikah. Para penari terdiri dari para wayahdalem, sentanadalem, dan kerabat raja lainnya atau dapat juga penari umum yang memenuhi persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan.

  • Grebeg Pasa (Puasa)

Grebeg ini diadakan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal. Acara ini berlangsung setelah melakukan Salat Ied. Prosesi acaranya sama dengan Grebeg Mulud yaitu para abdi dalem mengarak gunungan dari Keraton Surakarta ke Masjid Agung Surakarta untuk didoakan oleh ulama keraton kemudian dibagikan kepada masyarakat pengunjung.

Masih banyak lagi festival dan perayaan yang ada di Kota Surakarta ini seperti Syawalan, Grebeg Besar, Grebeg Sudira, Solo Batik Carnival dan Solo Batik Fashion.

Selain memiliki banyak destinasi wisata dan perayaan, Solo atau Surakarta dan sekitarnya terkenal dengan banyaknya jajanan kuliner tradisional. Antara lain : Sate Kambing, Nasi Liwet, Timlo Solo, Nasi Gudeg, Gudeg Ceker, Pecel nDeso, Cabuk Rambak, Bestik Solo, Selat Solo, Mie Ayam, Bakso Solo, Srabi Solo, Intip, Tengkleng, Roti Mandarin, Sosis Solo, Kambing Guling, Sate Buntel, Sate Kere, Sup Matahari, Bakmi Ketoprak, dll.

Selain makanan khas, juga terdapat beberapa minuman khas Surakarta antara lain: Wedang asle yaitu minuman hangat dengan nasi ketan, wedang dawet gempol pleret (gempol terbuat dari sejenis tepung beras, sedangkan pleret terbuat dari ketan dan gula merah), jamu beras kencur, yaitu jamu kesehatan yang berbeda dari jamu yang lain karena rasanya yang manis, dll. Sementara itu, koridor Gladag setiap malam diubah menjadi pusat jajanan terbesar di Kota Surakarta dengan nama Galabo (Gladag Langen Bogan).

Untuk menuju ke Surakarta Anda bisa menggunakan bus antar kota atau menggunakan mobil pribadi. Bagi Anda yang ingin berwisata ke Tuban tanpa harus menyetir mobil sendiri, Anda bisa menyewa mobil di rental yang tersedia di Kota Surabaya. Untuk rombongan wisatawan yang lebih banyak, Anda bisa menyewa armada bus pariwisata. Karena selain mampu menampung penumpang lebih banyak, Anda juga akan disuguhkan fasilitas – fasilitas yang bisa memberikan kenyamanan bagi Anda dan rombongan selama perjalanan seperti TV, Audio dan Karaoke.

Banyaknya rental mobil ataupun bus pariwisata bahkan Agen Perjalanan Travel di Surabaya juga banyak yang menyediakan paket wisata membantu memudahkan wisatawan yang ingin berwisata ke Surakarta. Anda tinggal duduk manis menikmati perjalanan wisata tersebut. Salah satunya adalah Sewa Mobil Surabaya Surakarta Okkarent.

Banyak juga manfaat yang akan Anda dapatkan dengan menyewa mobil di Sewa Mobil Surabaya Surakarta Okkarent. Dengan menggunakan jasa Sewa Mobil Surabaya Surakarta Okkarent perjalanan Anda akan lebih aman, nyaman, dan irit. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan kendaraan dan juga bisa menyewa paket sekaligus driver. Anda bisa bercengkerama atau melakukan komunikasi dan bercanda ria dengan sanak saudara atau teman yang akan Anda ajak berwisata.

Anda juga tidak perlu repot – repot memberi petunjuk arah kepada sopir, karena sopir Sewa Mobil Surabaya Surakarta Okkarent telah terlatih dan siap bekerja mengantar Anda ke tujuan – tujuan yang Anda inginkan.

Kami dari Sewa Mobil Surabaya Surakarta Okkarent siap melayani perjalanan Anda menuju tempat – tempat wisata dengan tujuan – tujuan yang Anda inginkan. Sewa Mobil Surabaya Tuban Okkarent memberikan beberapa pilihan kendaraan seperti Avanza, Xenia, Ertiga, Innova Reborn, Pajero dll. Selain itu kami juga menyediakan jenis kendaraan dengan kapasitas besar seperti Hiace, Elf Long, Mini Bus dan juga Big Bus.

Untuk reservasi dan pemesanan Silakan hubungi customer service Sewa Mobil Surabaya Surakarta Okkarent di (+62) 31-878-512-51/878-510-66 atau ataupun menghubungi kami via Whatsapp ke nomor seluler Okkarent di (+62) 821-4045-8822, (+62) 812-5266-6966 dan (+62) 817-0330-7447 untuk informasi harga Sewa Mobil Surabaya Surakarta yang Anda butuhkan.

Untuk membaca artikel lain dari Sewa Mobil Surabaya Okkarent, Anda bisa meng klik link dibawah ini.

Sewa Mobil Surabaya Jombang Okkarent

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *