SEWA MOBIL SURABAYA WONOSOBO

SEWA MOBIL SURABAYA WONOSOBO

Wonosobo adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia dengan ibu kotanya adalah Wonosobo. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Magelang di timur, Kabupaten Purworejo di selatan, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Banjarnegara di barat, serta Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal di utara.

Terletak di jantung Provinsi Jawa Tengah, Wonosobo adalah kabupaten dengan pemandangan pegunungan yang indah karena diapit dua gunung muda yang masih aktif, yakni Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing dengan tinggi lebih dari 3000 mdpl. Letaknya yang strategis dan berada di daerah pegunungan membuat Wonosobo menjadi kabupaten dengan potensi ekonomi, wisata, dan pertanian yang begitu besar dengan tanahnya yang subur dan terjaga kelestariannya.

Wonosobo adalah wilayah dengan keadaan tanah yang sangat subur sehingga banyak sekali tanaman yang dapat tumbuh contohnya adalah sayuran. Dari dataran tinggi Dieng sampai Kaliwiro (yang merupakan wilayah rendah) terdapat banyak sekali sayuran. Berbagai macam sayuran dapat tumbuh seperti, kubis, kentang, seledri, daun kocai, sawi, mentimun, bayam, terong, cabai, kangkung, dan masih banyak tumbuhan yang termasuk jenis sayuran lain.

Di wilayah yang dingin ini juga dapat tumbuh berbagai buah-buahan. Buah yang dapat tumbuh adalah pisang, pepaya, durian, mangga, jambu, duku, rambutan, buah naga, nanas, kelengkeng, stroberi, anggur, manggis, dan lain-lain.

Salah satu yang menjadi buah khas di Wonosobo adalah Buah Carica (Vasconcellea cundinamarcencis), buahnya mirip buah pepaya akan tetapi memiliki tekstur yang lebih keras sedikit dan ukurannya lebih kecil. Carica sering disebut juga Pepaya Gunung dan merupakan buah khas Dataran Tinggi Dieng. Bila wisatawan pergi ke sana, banyak penjual menawarkan buah yang satu ini. Hanya saja, saat dijual kebanyakan buah itu telah dibuat beraneka macam kuliner seperti keripik dan minuman.

Dieng atau Dhiyang merupakan kawasan budaya dan pegunungan di pulau Jawa di provinsi Jawa Tengah. Karena terletak pada sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut dan diimpit oleh pegunungan, sehingga udaranya cukup dingin. Wilayah Dieng meliputi Dieng Kulon di Banjarnegara dan Dieng Wetan di Wonosobo, wilayah ini dikenal sebagai kawasan budaya Jawa pegunungan.

Dieng, adalah salah satu destinasi wisata yang paling unik di dunia dan sukar dicari tandingannya. Permukiman di Dieng adalah satu yang tertinggi di dunia. Satu periode dalam setahun (biasanya pada Juni atau Agustus), Dieng bak berselimut embun es. Di negara tropis seperti Indonesia, es alami adalah fenomena yang langka. Kemunculan embun es itu banyak diburu oleh wisatawan domestik. Embun es adalah daya tarik luar biasa untuk Dieng.

Beberapa tanda kemunculan embun es di antaranya, terjadi penurunan suhu secara signifikan pada malam hari. Kemudian, langit cerah tanpa tutupan awan. Sayangnya, ketika salju tiba pertanian di sekitar Dhiyang akan mengalami kerusakan dan gagal panen, pertanian dan tanaman seperti kentang yang paling parah terkena dampaknya.

Tak hanya Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo punya banyak tempat wisata indah dan menarik. Ada Taman Wisata SinSu, yakni Gunung Sindoro-Sumbing. Tepat di kaki dia gunung ini, terdapat sebuah taman wisata yang menawarkan panorama pemandangan dua pegunungan Sindoro dan juga Sumbing.

Taman wisata yang bernama SinSu ini tidak hanya menawarkan pemandangan pegunungan yang memukau, tapi juga menyuguhkan wisata edukasi. Lalu ada Bukit Cinta di Desa Maron, Kecamatan Garung, Bukit Cinta memanjakan mata para wisatawan dengan udaranya yang sejuk dan panorama alam yang indah langsung dirasakan para wisatawan saat menginjakan kaki di bukit tersebut.

Ada juga Curug Winon yang terletak di Desa Winongsari, Kecamatan Kaliwiro. Curug ini berada di area hutan desa yang menawarkan keindahan air terjun dan juga pemandangan khas Wonosobo yang memang sudah terkenal indah. Ada juga Kebun Teh Tambi di Desa Tambi, Kecamatan Kejajar.

Kebun teh ini menawarkan pemandangan asri kawasan perkebunan teh dengan luas 830 hektare. Di tempat ini, selain menikmati panorama alam, pengunjung juga bisa memperoleh edukasi tentang penanaman daun teh dan tentunya akan didampingi oleh seorang pemandu.

Selain memiliki tempat wisata yang indah dan menarik, terdapat juga sebuah tradisi unik yang bisa Anda saksikan saat berkunjung ke Wonosobo yaitu Ruwatan Rambut Gimbal.

Ruwatan rambut gimbal adalah upacara pemotongan (cukur) rambut pada anak-anak berambut gimbal (gembel) yang dilakukan oleh masyarakat di daerah Dataran Tinggi Dieng (Dieng Plateau), Jawa Tengah. Ritual ruwatan yang diadakan pada tanggal satu Suro menurut Kalender Jawa ini bertujuan untuk membersihkan atau membebaskan anak-anak berambut gimbal dari sukerta/sesuker (kesialan, kesedihan, atau malapetaka).

Kepercayaan bahwa anak-anak berambut gimbal adalah keturunan Kiai Kolodete atau titipan Kanjeng Ratu Kidul (Nyai Roro Kidul) menjadi mitos turun-temurun dalam kehidupan masyarakat Dieng. Mereka juga percaya bahwa rambut gimbal hanya boleh dipotong bila anak yang bersangkutan sudah menghendaki/memintanya dan harus dilakukan melalui ritual ruwat atau ruwatan yang dipimpin tetua adat setempat. Uniknya, ruwatan ini hanya dapat dilakukan setelah orang tua memenuhi permintaan “apa pun” yang diajukan oleh sang anak. Konon jika pemotongan rambut gimbal tidak dilakukan melalui ritual sakral, rambut gimbal akan kembali tumbuh dan si anak cenderung sakit-sakitan.

Tradisi ruwatan rambut gimbal menarik perhatian masyarakat umum, terlebih orang-orang dari luar daerah Dieng. Seiring berjalannya waktu, tradisi ritual yang unik ini digelar sebagai pertunjukan budaya. Kemudian hari, ruwatan rambut gimbal yang dilakukan secara massal menjadi bagian penting dari Festival Budaya Dieng (Dieng Culture Festival) yang digelar setiap tahun.

Kabupaten Wonosobo juga memiliki kuliner khas yang bisa menggugah selera. Salah satunya adalah Mi Ongklok yang terbuat dari bahan mi kering atau mi basah yang direbus dan diberi tambahan berupa sayur kubis yang dicampuradukkan (diongklok) di dalam panci rebus. Setelah matang, ditambahkan dengan tepung kanji masak sebagai penyedap masakan, dan biasanya dapat disantap dengan sate ayam.

Lalu ada Sego Megono yatu berupa nasi yang dicampur dengan sayuran dan juga ikan teri. Masyarakat Wonosobo pada umumnya menyebut Sego Megono dengan nama “Sego Reged” yang berarti nasi yang kotor karena terdapat campuran sayur dan juga ikan teri di dalamnya.

Ada pula Opak Singkong, camilan sejenis kerupuk. Opak Singkong rasanya gurih, terbuat dari singkong (ubi kayu) kukus, garam dan daun kucai. Kuliner khas lainnya ada Sauto Golak, Sagon, Dendeng Gepuk, Tempe Kemul, Kopi Arabica Bowongso, Teh Tambi dan tentunya Carica.

Saat ini Wonosobo sudah menjadi salah satu tujuan wisata favorit bagi para wisatawan di Indonesia. Banyak travel agen yang menawarkan paket wisata ke Wonosobo dengan harga yang bervariasi. Atau jika Anda tidak ingin menggunakan jasa travel agen, Anda bisa menggunakan kendaraan umum seperti bus atau bisa juga menggunakan kendaraan pribadi.

Bagi Anda yang ingin berwisata ke Wonosobo tanpa harus menyetir mobil sendiri, Anda bisa menyewa mobil di rental yang tersedia di Kota Surabaya. Untuk rombongan wisatawan yang lebih banyak, Anda bisa menyewa armada bus pariwisata. Karena selain mampu menampung penumpang lebih banyak, Anda juga akan disuguhkan fasilitas – fasilitas yang bisa memberikan kenyamanan bagi Anda dan rombongan selama perjalanan seperti TV, Audio dan Karaoke.

Banyaknya rental mobil ataupun bus pariwisata bahkan Agen Perjalanan Travel di Surabaya juga banyak yang menyediakan paket wisata membantu memudahkan wisatawan yang ingin berwisata ke Wonosobo. Anda tinggal duduk manis menikmati perjalanan wisata tersebut. Salah satunya adalah Sewa Mobil Surabaya Wonosobo Okkarent.

Banyak juga manfaat yang akan Anda dapatkan dengan menyewa mobil di Sewa Mobil Surabaya Wonosobo Okkarent. Dengan menggunakan jasa Sewa Mobil Surabaya Wonosobo Okkarent perjalanan Anda akan lebih aman, nyaman, dan irit. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan kendaraan dan juga bisa menyewa paket sekaligus driver. Anda bisa bercengkrama atau melakukan komunikasi dan bercanda ria dengan sanak saudara atau teman yang akan Anda ajak berwisata.

Anda juga tidak perlu repot-repot memberi petunjuk arah kepada sopir, karena sopir Sewa Mobil Surabaya Wonosobo Okkarent telah terlatih dan siap bekerja mengantar Anda ke tujuan – tujuan yang Anda inginkan.

Kami dari Sewa Mobil Surabaya Wonosobo Okkarent siap melayani perjalanan Anda menuju tempat – tempat wisata dengan tujuan – tujuan yang Anda inginkan. Sewa Mobil Surabaya Tuban Okkarent memberikan beberapa pilihan kendaraan seperti Avanza, Xenia, Ertiga, Innova Reborn, Pajero dll. Selain itu kami juga menyediakan jenis kendaraan dengan kapasitas besar seperti Hiace, Elf Long, Mini Bus dan juga Big Bus.

Untuk reservasi dan pemesanan Silakan hubungi customer service Sewa Mobil Surabaya Wonosobo Okkarent di (+62) 31-878-512-51/878-510-66 atau ataupun menghubungi kami via Whatsapp ke nomor seluler Okkarent di (+62) 821-4045-8822, (+62) 812-5266-6966 dan (+62) 817-0330-7447 untuk informasi harga Sewa Mobil Surabaya Wonosobo yang Anda butuhkan.

Untuk membaca artikel lain dari Sewa Mobil Surabaya Okkarent, Anda bisa meng klik link dibawah ini.

Sewa Mobil Surabaya Semarang Okkarent

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *