SEWA MOBIL SURABAYA GRESIK

SEWA MOBIL SURABAYA GRESIK

Gresik dikenal sebagai Kota tempat berdirinya Pabrik Semen pertama dan perusahaan semen terbesar di Indonesia, yaitu Semen Gresik. Pabrik Peleburan dan Pemurnian Tambang (smelter) terbesar di dunia milik PT Freeport Indonesia juga akan berdiri di Gresik. Bersama dengan Sidoarjo, Gresik merupakan salah satu penyangga utama Kota Surabaya, dan termasuk dalam kawasan Gerbangkertosusila. Kabupaten Gresik berbatasan dengan Kota Surabaya dan Selat Madura di sebelah timur, Kabupaten Lamongan di sebelah barat, Laut Jawa di sebelah utara, serta Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Mojokerto di sebelah selatan.

Kabupaten Gresik dikenal sebagai salah satu kawasan industri utama di Jawa Timur. Beberapa industri di Kabupaten Gresik antara lain Semen Gresik, Petrokimia Gresik, Nippon Paint, BHS-Tex, Industri Plywood, dan Maspion. Selain itu terdapat juga sektor penghasil perikanan yang cukup signifikan, baik perikanan laut, tambak, maupun perikanan darat. Kabupaten Gresik juga terdapat sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap berkapasitas 2.200 MW.

Selain itu perekonomian masyarakat Kabupaten Gresik banyak ditopang dari sektor wiraswasta. Salah satunya yaitu Industri Songkok, Pengrajin Tas, Pengrajin Perhiasan Emas & Perak, Industri Garmen.

Gresik ternyata memiliki aneka wisata alam yang apik dan wajib dikunjungi. Tak kalah dengan kota atau kabupaten sekitarnya, wisata alam di Gresik juga banyak menarik minat kunjung masyarakat. Kabupaten yang terkenal akan kenikmatan nasi krawunya ini punya segudang destinasi wisata seperti pulau, pantai, danau, bukit kapur dan lain sebagainya.

  • WAGOS Wisata Alam Gosari

WAGOS adalah taman bunga yang indah dan membentang luas. Sungguh sedap dipandang mata dan terasa asri. Tak hanya itu, ada beberapa situs kuno peninggalan bersejarah yang terletak tidak jauh dari lokasi wisata. Wisata ini berlokasi di Desa Gosari, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik. Bagi Anda pecinta fotografi wajib untuk mengunjungi wisata yang satu ini.

  • Pulau Gili Noko

obyek wisata yag wajib untuk Anda kunjungi adalah pulau Gili Noko. Pulau Gili Noko lokasinya berada di Desa Sidogedungbatu, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik. Obyek wisata alam ini begitu menarik sekali, suguhan dari pantai yang menenangkan serta pasir putihnya begitu bersih.

  • Pantai Delegan

Pantai ini terletak di Desa Delegan, Kecamatan Panceng dari Kecamatan Gresik berjarak sekitar 40 km, setelah dari Sidayu dan melewati Hutan Jati Panceng ada papan penunjuk arah menunjukkan wisata Pantai Delegan, dari jalan arteri masuk ke utara sekitar 1 km sudah sampai di lokasi. Pantai Delegan sangat cocok untuk wisata pantai, lomba perahu atau memancing. Pantai berpasir putih ini setiap bulan Agustus diadakan atraksi wisata berupa perlombaan yang terkait dengan wisata bahari.

  • Bukit Kapur Suci

Jika anda sedang berada di Gresik, jangan sampai anda tidak mengunjungi Bukit Kapur Suci. Panorama unik yang ada di sana mungkin tidak bisa anda jumpai di tempat lain. Bukit bebatuan kapur yang menghiasi lahan ini memang menjadi target yang menarik untuk foto-foto, dan karena banyaknya pemuda dan pemudi yang datang, tempat ini menjadi viral dan semakin dipenuhi oleh wisatawan terutama saat akhir pekan atau musim liburan.

  • Telaga Ngipik

Sebenarnya nama dari telaga ini adalah Giri Wana Tirta. Namun, penduduk setempat menyebutnya Telaga Ngipik karena letaknya yang berdekatan dengan Desa Ngipik. Nama “giri” diambil dari nama kebesaran Sunan Giri, “wana” yang artinya bermain, dan “tirta” yang berarti air. Pada awalnya, Telaga Ngipik hanya berupa sebuah tempat penampungan air yang digunakan untuk kebutuhan industri di sekitarnya. Namun seiring dengan berkembangnya waktu, Telaga Ngipik dialih fungsikan selain menjadi tempat penampungan air, juga menjadi sarana rekreasi baik wisatawan lokal, ataupun luar kota untuk sekedar penyegar dan melepas penat dari kesibukan sehari-hari.

  • Pantai Mombhul

Pantai Mombhul adalah salah satu Daya Tarik Wisata buatan baru yang ada di Kecamatan Sangkapura Bawean – Gresik. Meskipun tergolong pendatang baru namun pesona wahana wisata buatan ini mampu menarik minat wisatawan sehingga tidak heran di musim liburan sekolah, Hari Raya, dan Hari Besar Nasional lainnya selalu ramai di kunjungi wisatawan lokal maupun dari luar pulau Bawean. Selain gencarnya promosi yang dilakukan juga lokasi yang berdekatan dengan Dermaga Pamona menuju Pulau Gili, Noko Gili, dan Selayar membuat pantai Mombhul cepat dikenal luas oleh wisatawan.

Selain Banyak memiliki wisata alam, gresik juga memiliki tempat wisata religi yang ramai dikunjungi. Antara Lain :

Giri Kedaton yang merupakan kedaton (istana) atau pusat pemerintahan era Giri I yakni Sunan Giri atau Raden Paku atau Raden Ainul Yaqin yang kemudian diteruskan secara turun temurun oleh para keturunannya. Giri Kedaton didirikan oleh Sunan Giri pada sekitar tahun 1487 M. Bangunan yang awalnya adalah pesantren tempat Sunan Giri mengajarkan ajaran Agama Islam kepada para santrinya itu kemudian dikenal dengan GIRI KEDATON.

  • Makam Sunan Giri

Sunan Giri merupakan putera dari Syekh Maulana Ishaq dan Dewi Sekardadu (putri Raja Blambangan, Menak Sembuyu) yang lahir pada Tahun 1442 M, di masa kecilnya bernama Raden Paku atau Joko Samudro, kemudian diberi julukan Ainul Yaqin oleh Sunan Ampel atau Raden Rachmat yang tak lain adalah guru sekaligus pamannya sendiri/ adik dari dari ayahnya (Syekh Maulana Ishaq). Sunan Giri wafat pada tahun 1506 M, dan dimakamkan diatas bukit dalam cungkup berarsitektur khas Jawa yang sangat unik. Makam Sunan Giri terletak di Dusun Giri Gajah Desa Giri Kecamatan Kebomas berjarak 4 Km dari pusat Kota Gresik.

  • Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim

Syekh Maulana Malik Ibrahim dikenal pula dengan sebutan Maulana Maghribi, atau Syekh Maghribi. Dalam deretan nama-nama Sunan/Wali di Jawa Beliau adalah wali tertua. Datang di Jawa untuk menyebarkan Agama Islam pada zaman Majapahit (TH. 1379 M). Beliau wafat tanggal 12 Rabiul Awal 822 H (1419 M). Makam ini terletak di jantung kota Gresik. Kompleks makam Maulana Malik Ibrahim dikelilingi oleh pemakaman keluarga dan umum, selain itu di sebelah barat kompleks makam terdapat makam Bupati Gresik yang pertama yaitu Raden Pusponegoro beserta keluarga.

  • Makam Dewi Sekardadu

Salah satu obyek wisata religi ini berada di Dusun Gunung Anyar, Kelurahan Ngargosari, Kecamatan Kebomas, Gresik (sekitar 1 Km dari Kompleks makam Sunan Giri). Makam Dewi Sekardadu berada dalam sebuah cungkup yang megah. Khusus untuk makam beliau ditutup dengan kain kelambu. Di dalam cungkup itu juga terdapat dua makam lainnya. Pertama atas nama Panembahan Mas Gunung Anyar dan satunya lagi tak disebutkan namanya. Berdasarkan silsilah diketahui kalau Panembahan Mas Gunung Anyar merupakan keturunan ke-4 dari Sunan Giri.

Selain Wisata Alam dan Wisata Religi, Kabupaten Gresik juga memiliki kuliner khas yang wajib untuk dicoba. Selain rasanya yg khas, berbagai makanan khas Kab. Gresik ini mungkin tidak bisa Anda jumpai di tempat lainnya. Makanan khas Gresik juga bisa dijadikan oleh-oleh. Berikut ini beberapa diantaranya.

  • Nasi Krawu

Nasi krawu merupakan satu makanan kuno yang sampai hari ini masih bisa ditemui di kota Santri, Gresik, Jawa Timur. Kata krawu sendiri sebenarnya berasal dari kata krawukan yang artinya diambil dengan jari tangan (krawuk). Makanan ini terdiri dari nasi putih pulen dengan lauk suwiran daging sapi yang dimasak agak pedas dengan kadar minyak tinggi. Bisa ditambahkan semur babat maupun semur ikan bandeng yang dicampur tahu serta kentang.

  • Sego Rumo

Sego Rumo merupakan makanan khas Gresik yang sepintas mirip dengan bubur sumsum yang berwarna oranye. Namun, yang berwarna oranye pada sego rumo itu merupakan kuah kental yang rasanya gurih dan sedap. Penyajian sego rumo sangat unik, nasi putih disuguhkan dengan pincuk daun pisang dicampur dengan daun singkong, rempeyek atau kerupuk. Kemudian diatasnya disiram kuah kental dan ditambah dengan taburan serundeng.

  • Otak – Otak Bandeng

Otak – Otak Bandeng merupakan makanan khas Gresik yang terbuat dari ikan bandeng. Ikan ini diolah dengan memisahkan daging dan kulitnya, kemudian dihaluskan. Setelah halus, daging bandeng diberi bumbu racikan khas Gresik serta dimasukkan lagi ke dalam badan ikan. Setelah itu ikan bandeng dikukus sampai matang. Otak-otak Bandeng merupakan salah satu kuliner favorit di Gresik.

  • Pudak

Pudak adalah makanan/kue khas Gresik. Makanan ini terbuat dari bahan tepung beras, gula pasir/gula jawa dan santan kelapa yang dimasukan kemasan terbuat dari bahan yang disebut “ope” yaitu pelepah daun pinang. terdapat 4 varian rasa yaitu pudak putih (gula pasir), pudak merah (gula jawa), pudak sagu dan pudak pandan. Disamping rasa yang khas, bentuk kemasan pudak tidak ada yang menyamai di antara jajanan manapun.

  • Jubung

Makanan khas Gresik berikutnya adalah Jubung. Jubung dibuat dari bahan ketan hitam yang dicampur wijen dan dibungkus dengan kulit pohon pinang. Kulit pohon pinang ini disebut oleh warga sekitar dengan nama jubung. Bagian atas jubung ditaburi dengan wijen.

  • Buah Merah

Selain makanan, Gresik juga memiliki buah yang eksotis. Buah merah merupakan buah khas Pulau Bawean berbentuk bulat, memiliki bulu halus, dan berwarna merah jika sudah matang atau tua. Buah merah memiliki tekstur daging yang lembut dan bau yang khas. Secara umum, terdapat dua jenis buah merah yaitu buah merah biasa dan mentega. Yang membedakan keduanya adalah warna dan tekstur daging buah. Buah merah biasa berwarna merah dan daging yang lembut. Sedangkan buah merah jenis mentega berwarna agak kuning dan tekstur daging yang lebih lembut serta baunya lebih khas. Buah merah dapat dikonsumsi langsung maupun diolah menjadi jus, brownies, dan jenis kue lainnya.

Itulah beberapa wisata kuliner yang bisa kamu kunjungi dan cicipi saat jalan – jalan di Gresik Jawa Timur.

Untuk menuju ke gresik Anda bisa menggunakan bus antar kota atau menggunakan mobil pribadi. Bagi Anda yang ingin berwisata ke Gresik tanpa harus menyetir mobil sendiri, Anda bisa menyewa mobil di rental yang tersedia di Kota Surabaya. Untuk rombongan wisatawan yang lebih banyak, Anda bisa menyewa armada bus pariwisata. Karena selain mampu menampung penumpang lebih banyak, Anda juga akan disuguhkan fasilitas – fasilitas yang bisa memberikan kenyamanan bagi Anda dan rombongan selama perjalanan seperti TV, Audio dan Karaoke.

Banyaknya rental mobil ataupun bus pariwisata bahkan Agen Perjalanan Travel di Surabaya juga banyak yang menyediakan paket wisata membantu memudahkan wisatawan yang ingin berwisata ke Gresik. Anda tinggal duduk manis menikmati perjalanan wisata tersebut. Salah satunya adalah Sewa Mobil Surabaya Gresik Okkarent.

Banyak juga manfaat yang akan Anda dapatkan dengan menyewa mobil di Sewa Mobil Surabaya Gresik Okkarent. Dengan menggunakan jasa Sewa Mobil Surabaya Gresik Okkarent perjalanan Anda akan lebih aman, nyaman, dan irit. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan kendaraan dan juga bisa menyewa paket sekaligus driver. Anda bisa bercengkrama atau melakukan komunikasi dan bercanda ria dengan sanak saudara atau teman yang akan Anda ajak berwisata.

Anda juga tidak perlu repot-repot memberi petunjuk arah kepada sopir, karena sopir Sewa Mobil Surabaya Gresik Okkarent telah terlatih dan siap bekerja mengantar Anda ke tujuan – tujuan yang Anda inginkan.

Kami dari Sewa Mobil Surabaya Gresik Okkarent siap melayani perjalanan Anda menuju tempat – tempat wisata dengan tujuan – tujuan yang Anda inginkan. Sewa Mobil Surabaya Gresik Okkarent memberikan beberapa pilihan kendaraan seperti Avanza, Xenia, Ertiga, Innova Reborn, Pajero dll. Selain itu kami juga menyediakan jenis kendaraan dengan kapasitas besar seperti Hiace, Elf Long, Mini Bus dan juga Big Bus.

Untuk reservasi dan pemesanan Silakan hubungi customer service Sewa Mobil Surabaya Gresik Okkarent di (+62) 31-878-512-51/878-510-66 atau ataupun menghubungi kami via Whatsapp ke nomor seluler Okkarent di (+62) 821-4045-8822, (+62) 812-5266-6966 dan (+62) 817-0330-7447 untuk informasi harga Sewa Mobil Surabaya Gresik yang Anda butuhkan.

Untuk membaca artikel lain dari Sewa Mobil Surabaya Okkarent, Anda bisa meng klik link dibawah ini.

Sewa Mobil Surabaya Mojokerto Okkarent

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *