SEWA MOBIL SURABAYA KUDUS

SEWA MOBIL SURABAYA KUDUS

Kudus adalah sebuah kabupaten dengan wilayah terkecil yang berada di provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini adalah Kota Kudus, terletak di jalur pantai Timur laut Jawa Tengah antara Kota Semarang dan Kota Surabaya.

Keberadaan gerbang kota menegaskan Kudus sebagai kota kretek. Gerbang ini berada di sebelah barat, tepatnya di perbatasan antara Kabupaten Kudus dan Kabupaten Demak. Desain bangunannya terbilang unik lantaran menyerupai daun tembakau setinggi 12 meter dari permukaan jalan.

Desain ini memiliki nilai filosofi, yakni terdapat lima rukun Islam dan angka sembilan yang memaknai jumlah Wali Songo (Sembilan Wali). Sedangkan, bagian bawah yang berbentuk empat tiang cengkeh yang menopang daun tembakau memiliki makna empat pilar kebangsaan Indonesia yakni Pancasila, UUD 1945. Gerbang ini menjadi bangunan paling megah se-Indonesia, bahkan se-Asia Tenggara.

Kudus juga terkenal menjadi produsen pemain bulutangkis nasional. Yang berasal dari Perkumpulan Bulutangkis Djarum (PB Djarum). Contohnya Liem Swi King menorehkan prestasi besar dengan tampil di final All England. Ia bahkan mengulangi prestasi hingga jadi juara All England untuk ketiga kalinya.

Masih banyak beberapa atlet bulu tangkis yang berjaya di kompetisi internasional lahir dari PB Djarum. Ada Alan Budikusuma, Christian Hadinata, Hariyanto Arbi, Hastomo Arbi, Heryanto, Ivana Lie, dan generasi penerus mereka seperti Tontowi Ahmad, Ihsan Maulana Mustofa dan Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Selain terkenal karena bulutangkis dan industri rokok, Kabupaten kudus juga terkenal dengan sebutan kota santri karena Kudus adalah salah satu pusat dakwah Islam di Jawa. Hal itu dapat dilihat dari terdapatnya lima makam, yakni Kyai Telingsing, Sunan Kudus, Sunan Muria, Sunan Kedu, dan Syeh Syadzili.

Tempat wisata di Kabupaten Kudus memang lebih dikenal dengan destinasi wisata religinya. Apalagi ada makan dua sunan yang termasuk ke dalam Wali songo dan berperan penting dalam penyebaran agama islam di Nusantara pada zaman dahulu.

Kota yang terkenal dengan sebutan Kota Kretek dan Kota Santri ini sangat menarik dikunjungi oleh para wisatawan yang menyukai wisata religi. Hal ini diberikan sebab Kudus sebagai salah satu kota pusat pembelajaran agama islam di tanah Jawa, dengan ratusan pondok yang berdiri di kota ini.

Di Kudus juga banyak makam tokoh penyebar agama Islam ternama. Seperti makan Sunan Kudus, Sunan Muria, Sunan Kedu, Syekh Syadzali dan Kyai Telingsing. Kemasyhuran Kudus sebagai pusat ajaran Islam di Pantai Utara Jawa juga dibuktikan dengan banyaknya wisata religi yang tersebar di kota tersebut, tentunya menarik dan kaya akan sejarah.

  • Masjid Agung Demak – Masjid Agung Demak didirikan oleh Raden Patah, raja pertama Kesultanan Demak. Masjid ini dipercaya sebagai tempat berkumpulnya para sunan yang tergabung dalam Wali Songo. Bangunan utama masjid ini berupa sebuah beranda luas dengan atap berbentuk limas bertumpang susun tiga yang menggambarkan iman, Islam, dan ihsan (kesempurnaan). Atap ditopang oleh empat pilar besar yang disebut Soko Guru. Uniknya pilar – pilar tersebut tidak terbuat dari kayu utuh, tetapi bisa tetap kokoh berdiri hingga saat ini. Masjid Agung Demak juga merupakan bukti nyata akulturasi budaya dan penyebaran agama Islam yang bertoleransi terhadap budaya setempat. Atap bersusun tiga dirancang dengan inspirasi atap bangunan pura yang merupakan tempat ibadah umat Hindu.
  • Masjid Menara Kudus – Masjid yang memiliki nama resmi Al Aqsa Manarat Qudus ini merupakan masjid kuno yang didirikan oleh Sunan Kudus pada 1549 Masehi. Batu pertama yang diletakkan untuk membangun masjid ini dibawa secara khusus oleh Sunan Kudus dari Baitul Maqdis di Palestina. Masjid ini memiliki keunikan arsitektur yang akan membuat Anda berdecak kagum. Menaranya menyerupai bangunan candi.
  • Makam Sunan Kudus – Berkunjung ke Masjid Menara Kudus Anda bisa sekalian berziarah ke makam Sunan Kudus. Salah satu anggota Wali Songo yang menyebarkan ajaran Islam melalui seni dan budaya. Salah satu peninggalannya adalah tembang Asmaradahana. Anda bisa menemukan makam Sunan Kudus tepat di belakang bangunan limas Masjid Menara Kudus. Kompleks makam ini biasanya ramai dikunjungi peziarah pada saat menjelang Ramadan dan pada saat libur Lebaran.
  • Makam Sunan Muria – Kompleks makam yang terletak di Desa Colo yang berada di kaki Gunung Muria ini dulunya adalah tempat tinggal Sunan Muria. Anggota Wali Songo yang terkenal dengan cara berdakwahnya yang unik. Ia melakukan dakwah melalui kesenian. Ia meninggalkan dua warisan kesenian yang masih lestari hingga kini di yaitu tembang macapat Sinom dan Kinanti yang diciptakannya. Selain dapat berziarah ke makam Sunan Muria, di sini Anda juga dapat berkunjung ke masjid yang didirikan sendiri oleh Sunan Muria.
  • Makam Syekh Syadzili – Syaikh Maulana Hasan Asy Syadzili atau yang dikenal sebagai Syekh Syadzali. Ia merupakan tokoh penyebar agama Islam di Desa Japan, Kecamatan Dawe. Menurut pitutur masyarakat setempat, Syekh Syadzili merupakan murid dari Sunan Muria. Ia di makamkan di Rejenu, yang berlokasi di pegunungan Argo Jambangan atau sekitar tiga kilometer dari Pesanggrahan Gunung Muria.
  • Air Tiga Rasa Syekh Syadzili – Di kawasan makam Syekh Syadzili terdapat objek wisata air tiga rasa. Seperti namanya air memiliki tiga rasa yang berbeda. Ada air tawar, payau dan sedikit asin. Kendati ukuran sumber air tiga rasa tidak besar yaitu menyerupai sumur kecil. Sumber mata air ini dipercaya masyarakat sekitar dimanfaatkan oleh Syekh Syadzili dan para santrinya untuk berwudhu.
  • Gray Canyon – Jika Grand Canyon ada di wilayah Arizona, Indonesia juga memiliki destinasi wisata nyaris serupa yang bernama Gray Canyon. Tempat ini dulunya merupakan area tambang batu dan pasir yang disulap menjadi wisata populer di Kudus. Udara di Gray Canyon sangat segar dan tanah bukitnya seperti hamparan sahara. Pemandangan alam yang asri serta kumpulan gundukan bukit yang memanjakan mata.
  • Taman Sardi – Jika ingin menikmati wisata ke daerah pedesaan karena sudah lelah menjalani rutinitas di perkotaan yang sangat padat, taman sardi bisa menjadi pilihan utama. Disini, Anda bisa memandangi hamparan alam yang indah dari ketinggian. Beragam fasilitas bagi pecinta alam pun tersedia disini, mulai dari outbound hingga camping. Tidak hanya itu, banyak juga spot foto yang indah. Salah satu spot paling populer adalah Menara Pisang.
  • Museum Kretek – Setelah menjelajah wisata alam dan wisata religi di Kudus ada baiknya jika Anda juga mengunjungi wisata sejarah dan edukasi Kudus, seperti Museum kretek. Sesuai dengan namanya yaitu kretek yang identik dengan rokok. Museum ini mempunyai koleksi berbagai macam peralatan atau mesin untuk membuat rokok pada jaman dulu. Selain itu Anda bisa melihat diorama yang memperlihatkan proses mulai dari penanaman tembakau hingga pembuatan rokok.
  • Air Terjun Kali Banteng – Kudus juga memiliki tempat wisata air yang dikenal dengan nama Air Terjun Kali Banteng. Air terjun ini memiliki dua tingkatan yang menggoda untuk bermain air di dalamnya. Memiliki ketinggian 20 meter dengan kedalaman kurang dari satu meter, yang akan membuat Anda merasa sangat puas, meskipun hanya sekadar bermain air.

Ketika mengunjungi Kabupaten Kudus, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khasnya. Kuliner khas Kudus sangat berbeda dengan daerah lain dan kental dengan budaya. Jika di daerah lain sotonya menggunakan daging ayam dan sapi, di Kudus tidak. Soto kuliner khas Kudus menggunakan daging kerbau. Selain soto, sebenarnya masih ada banyak kuliner khas Kudus yang wajib dicicipi wisatawan. Mulai dari lentog tanjung, nasi pindang, garang asem, sate kerbau, dan masih banyak lagi.

  • Soto Kudus – Soto Kudus merupakan kuliner khas kudus yang diolah dengan daging kerbau. Meski ada juga yang menggunakan daging ayam. Dulu saat Sunan Kudus tiba di Kudus, beliau membuat larangan menyembelih sapi untuk menghormati penduduk asli Kudus yang mayoritas beragama Hindu. Budaya ini masih ada hingga sekarang meskipun beberapa orang sudah berani menyembelih sapi saat Idul Adha dengan alasan sudah tidak ada orang Hindu di Kudus. Isiannya hanya menggunakan kecambah, daun bawang, dan seledri.
  • Lentog Tanjung – Lentog Tanjung merupakan kuliner khas Kudus yang jarang ditemui di luar daerah asalnya. Lentog yang berarti lontong dan Tanjung yang berarti desa Tanjungkarang daerah asal makanan ini. Kuliner ini banyak di cari sebagai sajian sarapan. Makan ini terdiri dari lontong yang diiris kecil – kecil, lodeh tahu, dan sayur nangka muda dengan sambal cair. Selain jarang ditemui di luar Kudus, keunikan makanan ini ada pada lontongnya yang sebesar paha orang dewasa.
  • Sate Kerbau – Kuliner khas Kudus yang cukup mencolok adalah sate kerbau. Banyak wisatawan dan penduduk lokal yang suka dengan cita rasa khas sate kerbau Kudus ini. Teksturnya juga tidak alot karena sudah digiling sebelum dililitkan ke tusuknya. Tak hanya gurih dan asin, ada rasa manis yang didapatkan dari kecap manis dan gula merah.
  • Garang Asem – Garang Asem termasuk kuliner khas Kudus yang cukup melegenda. Kuliner yang satu ini sangat terkenal dan banyak digemari wisatawan. Makanan ini dahulunya dianggap mewah karena hanya bisa dinikmati konglomerat saja. Rasa Garang Asem khas Kudus sangat istimewa dan berbeda dengan Garang Asem daerah lainnya. Konon rasa khas ini hanya bisa didapat ketika wisatawan memakannya di Kudus.
  • Nasi Pindang – Nasi Pindang adalah nasi dengan irisan daging dan daun melinjo yang diguyur kuah santan. Daging yang digunakan adalah daging kerbau seperti pada Soto Kudus. Hidangan ini dahulu hanya ada di acara hajatan. Kuliner khas Kudus yang satu ini mempunyai kemiripan dengan Rawon Jawa Timur. Hanya saja kuah santan yang dicampur keluak dan daun melinjo yang menjadikannya istimewa.
  • Ayam Gongso – Satu lagi kuliner khas Kudus yang mesti dicoba. Sederhana memang, yakni berupa tumis ayam dengan bumbu kecap, tapi rasanya jangan diremehkan. Manis, gurih, dan pedas berpadu membuat rasa ledak nan nikmat di mulut. Menu praktis tapi istimewa ini akan jauh lebih lezat bila disantap bersama nasi goreng.
  • Tahu Telor – Tahu telor adalah kuliner khas Kudus yang terbuat dari bahan dasar kacang, kecap, dan gula merah. Hampir mirip dengan pecel atau bumbu tahu petis. Rasa khas tahu telor ini manis, kecut, dan pedas. Bedanya lagi, tahu telor dilengkapi dengan aneka macam sayuran. Agar lebih nikmat, santaplah dengan nasi atau lontong untuk menemani tahu telor. Lalu lauknya bisa ditambah peyek udang garing.

Itulah beberapa Makanan khas yang bisa Anda cicipi saat jalan – jalan menikmati alam Kabupaten Kudus.

Untuk menuju ke Kudus Anda bisa menggunakan bus antar kota atau menggunakan mobil pribadi. Bagi Anda yang ingin berwisata ke Kudus tanpa harus menyetir mobil sendiri, Anda bisa menyewa mobil di rental yang tersedia di Kota Surabaya. Untuk rombongan wisatawan yang lebih banyak, Anda bisa menyewa armada bus pariwisata. Karena selain mampu menampung penumpang lebih banyak, Anda juga akan disuguhkan fasilitas – fasilitas yang bisa memberikan kenyamanan bagi Anda dan rombongan selama perjalanan seperti TV, Audio dan Karaoke.

Memilih untuk menggunakan jasa sewa mobil untuk perjalanan antar kota atau dalam kota, memang menjadi pilihan yang paling aman dan paling baik. Dalam memesan rental mobil untuk perjalanan ke luar kota, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Kenyamanan saat berkendara juga menjadi alasan yang penting, mengapa Anda harus memilih jasa sewa mobil terbaik di Kota Surabaya.

Masa pandemi saat ini memang membuat banyak kegiatan menjadi terbatas. Transportasi juga menjadi hal yang krusial saat ini, dalam melakukan perjalanan di masa pandemi. Untuk itu, ketika Anda merencanakan liburan bersama keluarga, bepergian atau berwisata akan lebih seru dan aman dengan menyewa mobil daripada menggunakan transportasi umum. Anda bisa menggunakan jasa Sewa Mobil Surabaya Kudus Okkarent.

Banyaknya rental mobil ataupun bus pariwisata bahkan Agen Perjalanan Travel di Surabaya juga banyak yang menyediakan paket wisata membantu memudahkan wisatawan yang ingin berwisata ke Kudus. Anda tinggal duduk manis menikmati perjalanan wisata tersebut. Salah satunya adalah Sewa Mobil Surabaya Kudus Okkarent.

Banyak juga manfaat yang akan Anda dapatkan dengan menyewa mobil di Sewa Mobil Surabaya Kudus Okkarent. Dengan menggunakan jasa Sewa Mobil Surabaya Kudus Okkarent perjalanan Anda akan lebih aman, nyaman, dan irit. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan kendaraan dan juga bisa menyewa paket sekaligus driver. Anda bisa bercengkrama atau melakukan komunikasi dan bercanda ria dengan sanak saudara atau teman yang akan Anda ajak berwisata.

Anda juga tidak perlu repot-repot memberi petunjuk arah kepada sopir, karena sopir Sewa Mobil Surabaya Kudus Okkarent telah terlatih dan siap bekerja mengantar Anda ke tujuan – tujuan yang Anda inginkan.

Kami dari Sewa Mobil Surabaya Kudus Okkarent siap melayani perjalanan Anda menuju tempat – tempat wisata dengan tujuan – tujuan yang Anda inginkan. Sewa Mobil Surabaya Kudus Okkarent memberikan beberapa pilihan kendaraan seperti Avanza, Xenia, Ertiga, Innova Reborn, Pajero dll. Selain itu kami juga menyediakan jenis kendaraan dengan kapasitas besar seperti Hiace, Elf Long, Mini Bus dan juga Big Bus.

Untuk reservasi dan pemesanan Silakan hubungi customer service Sewa Mobil Surabaya Kudus Okkarent di (+62) 31-878-512-51/878-510-66 atau ataupun menghubungi kami via Whatsapp ke nomor seluler Okkarent di (+62) 821-4045-8822, (+62) 812-5266-6966 dan (+62) 817-0330-7447 untuk informasi harga Sewa Mobil Surabaya Kudus yang Anda butuhkan.

Untuk membaca artikel lain dari Sewa Mobil Surabaya Okkarent, Anda bisa meng klik link dibawah ini.

Sewa Mobil Surabaya Magelang Okkarent

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *